Indonesia Negara Paling Korup Versi PERC

Miris memang melihatnya, dulu saya pernah memposting kalau Indonesia tidak masuk dalam 20 negara pengutang dunia. Tapi sekarang saya harus kecewa lagi, karena Indonesia yang ku cintai ini merupakan negara paling korup diantara 16 negara Asia Pasifik lainnya.

Temuan itu di dapat dari survei yang dilakukan oleh para pelaku bisnis yang dirilis pada hari Senin, 8 Maret 2010 oleh perusahaan konsultan “Political & Economic Risk Consultancy” (PERC) yang berbasis di Hong Kong yang menempatkan Republik Indonesia dalam Negara paling Korup di Asia Pasifik.

PERC melakukan survei dengan para respondennya ialah kalangan eksekutif kelas menengah ke atas di kawasan Asia, Australia, dan Amerika Serikat dengan jumla responden 2.174.

Survei ini menyebutkan bahwa Indonesia memperoleh nilai 9,07 dari skala 10 sebagai negara paling korup. Nilai tersebut sangat jauh dibandingkan tahun lalu dimana Indonesia memperoleh nilai 7,69.

Sedangkan, posisi kedua ditempati oleh Kamboja sebagai negara paling korup. Kemudian diikuti oleh Vietnam, Filipina, Thailand, India, China, Taiwan, Korea, Macau, Malaysia, Jepang, Amerika Serikat, Hong Kong, dan Australia. Mereka semua termasuk negara paling korup dalam survei, selain Singapura.

Survei ini mengkaji bagaimana korupsi mempengaruhi berbagai tingkat kepemimpinan politik dan layanan sipil. Ini juga melihat bagaimana korupsi dianggap berpengaruh pada lingkungan bisnis secara menyeluruh, serta seberapa jauh perusahaan mengatasi masalah internal dan eksternal ketika berhadapan dengan situasi tersebut.

Mengenai Indonesia, lembaga yang berbasis di Hongkong tersebut menyebutkan bahwa dengan merajalelanya korupsi di semua level, perang korupsi yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah terhambat politisasi isu yang dilakukan oleh pihak yang merasa terancam oleh aksi yang dilakukan SBY.

Apa yang dilakukan Menkeu Sri Mulyani yang telah melakukan reformasi birokrasi untuk membersihkan para pejabat korup di Direktorat Pajak dan Direktorat Bea Cukai yang berada di bawah kementerian yang dia pimpin rasanya tidak ada bekasnya.

Belom lagi sikap para politisi bangsa ini yang lebih haus akan kekuasaan ketimbang memperbaiki dan mendukung iklim yang sudah baik sebelumnya. Bagaimana investasi mau masuk jika sikap bangsa ini masih haus akan kekuasaan ? bagaimana mau nyusul jepang ? Dasar rakus oknum politisi kampungan bisanya cuma bikin rusak bangsa !

Dan saya harap Ibu Sri Mulyani bisa kembali membawa index positif dalam iklim ekonomi Indonesia.  Berantas lagi oknum-oknum yang membawa bangsa ini pada kehancuran. Ayo kamu pasti bisa bu !😀

Dan untuk KPK juga, harus lebih rajin lagi menangkap koruptor-koruptor jangan ragu untuk menangkap walau itu anak seorang Presiden sekalipun.

Semoga dalam waktu dekat ini Indonesia sudah bisa bangkit lagi dalam pemberatasan korupsi sehingga suatu saat bisa menggantikan Singapura sebagai negara paling bersih di dunia tanpa korupsi.

Ayo bangsaku berjuanglah !😀


About this entry