ATM Skimmer ? MENGERIKAN !

Ketika mendapat email dari salah satu milis keamanan yang berjudul  “ATM Skimmer Makin Sulit Dikenali ! Dan saya pun bisa tertipu !”.  Kaget ketika membaca tulisan itu pertama kali. Ternyata di dunia memang benar-benar tidak ada yang 100% aman. Jadi takut buat narik uang di ATM.😀

Bagaimana tidak takut, bayangkan saja ketika ATM yang kita anggap tempat paling aman untuk menyimpan uang ternyata menjadi tempat yang paling nyaman untuk “Maling” untuk mengambil uang secara diam-diam tanpa diketahui. Uang pun akan Raib hanya dalam hitungan detik. Menyedihkan klo itu ampe kejadian. Semoga kita tidak akan pernah mengalaminya. Amin.😀

Okai, selanjutnya akan saya tampilkan artikel mengenai artikel tentang bahaya skimmer tersebut yang bersumber dari thinksecurityfirst.web.id

Awal Januari 2010, kita dihebohkan dengan maraknya pencurian dana nasabah melalui ATM. Heboh karena kebetulan terekspos oleh media. Padahal, pembobolan rekening nasabah AMAT SERING terjadi sejak belasan tahun sebelumnya. Namun dunia perbankan berhasil menutupi ketidakamanan dengan berbagai iklan keamanan ATM. Entah mengapa, Bank Indonesia seolah-olah membiarkan nasabah tertipu iklan dan menjadi korban. Para penjahat menggunakan ATM skimmer, alat untuk mencuri data-data yang disimpan di kartu ATM. Penjahat juga memasang ATM skimmer lengkap dengan kamera untuk mencuri PIN.

Dalam setiap kesempatan menjadi nara sumber dalam seminar-seminar, selalu ada peserta yang bertanya: “Bagaimana mengetahui jika mesin ATM sudah dipasangi skimmer?” Pertanyaan sederhana, namun cukup sulit menjawabnya. Jawaban saya :”Mohon maaf, sayapun bisa tertipu.”

Mari kita lihat betapa dunia perbankan selalu kalah langkah dengan penjahat…

Bagaimana anda membedakan bahwa ATM dibawah ini telah dipasangi skimmer (Gambar 1)?

Gambar 1: Skimmer berupa alat pembaca palsu yang menutupi alat pembaca kartu yang asli.

(Kemungkinan) Jawaban dari bank: Oh, didepannya tidak ada lampu hijau yang berkelap-kelip.

Lalu, bagaimana anda membedakan bahwa ATM yang memiliki lampu hijau berkelap-kelip dibawah ini telah dipasangi skimmer (Gambar 2)?

Gambar 2: Skimmer berupa alat pembaca palsu dilengkapi dengan lampu hijau kelap-kelip yang menutupi alat pembaca kartu yang asli.

(Kemungkinan) Jawaban dari bank: Amat sulit dibedakan. Tapi nasabah masih bisa berhati-hati dengan kamera palsu (mencurigakan) yang digunakan untuk mencuri PIN. PIN pad (keyboard untuk memasukan PIN) di ATM juga sudah dipasangi penutup.

Saya juga tidak bisa membedakan apakah kamera disekitar ATM asli atau palsu. Apalagi, penjahat sudah tidak menggunakan cara kuno, menggunakan kamera besar. Kamera mikro seperti yang berada di ponsel nyaris tidak terlihat jika dipasang dibawah alat penutup PIN pad. Sehingga, saya selalu meraba-raba bagian bawah penutup PIN pad memastikan tidak ada kamera mikro tersembunyi.

Mencuri PIN dengan Kamera? Kuno!

Memasang kamera, walaupun kamera mikro, juga terkesan kuno dikalangan penjahat. Bukan hanya menggunakan alat pembaca palsu (skimmer) untuk menutupi alat pembaca asli seperti gambar diatas. Penjahat juga menggunakan PIN pad palsu / keypad overlay (Gambar 3) untuk menutupi PIN pad asli, sehingga mencuri PIN tidak membutuhkan lagi kamera.

Gambar 3: PIN pad palsu / keypad overlay yang menutupi PIN pad asli untuk mencuri PIN nasabah.

Bagaimana anda membedakan bahwa ATM PIN pad dibawah ini asli atau palsu (Gambar 4a dan 4b)?

Gambar 4a: PIN pad palsu / keypad overlay, bisa dibeli secara online seharga USD 1.700.

Gambar 4b: PIN pad palsu / keypad overlay dalam bentuk plug and steal😥

(Kemungkinan) Jawaban dari bank: ???

Cara Baru Penjahat Mengumpulkan Data

Setelah skimmer dan PIN pad palsu berhasil mengumpulkan data, penjahat perlu mengambil data-data tersebut. Cara kuno, penjahat datang kembali ke ATM yang telah dipasangi skimmer. Hal ini berisiko tinggi. Cara baru adalah dengan melengkapi perangkat simmer dengan bluetooth atau GSM sehingga data-data curian dikirim langsung via SMS (Gambar 5).

Gambar 5: PIN pad palsu yang dilengkapi dengan perangkat GSM.

Bagaimana tanggung-jawab bank?

Bersiaplah dengan jawaban standar yang intinya:

PIN dan Kartu ATM sepenuhnya tanggung-jawab nasabah.

Seluruh transaksi yang tercatat di sistem kami telah dilakukan sesuai dengan prosedur normal.

Jika kurang puas, akan kami bantu melihat pelakunya melalui rekaman kamera di ATM.

Apakah hasil rekaman kamera pasti tersedia? Jika tersedia, apakah pasti bisa dilihat pelakunya?

Berikut kondisi kamera di mesin ATM yang sering saya gunakan dekat rumah saya (Gambar 6). Foto saya ambil tanggal 2 Februari 2010 dan sampai hingga tadi sore (13 Desember 2010) masih dalam kondisi yang sama 😥

Kamera yang fungsinya sebagai hiasan pencipta rasa aman (bukan kondisi aman) juga terdapat dibanyak ATM milik berbagai bank.

Gambar 6: Contoh kamera di mesin ATM yang sudah lebih dari 10 bulan dalam kondis yang sama.

Sampai kapan kondisi tidak aman seperti dibiarkan terjadi?

Jangan khawatir, dunia perbankan di Indonesia sudah bersiap-siap menghabiskan dana puluhan (ratusan?) milyar rupiah untuk mengganti dari kartu magnetik ke kartu chip yang aman dalam kurun waktu 5 tahun.

Nasabah juga harus bersipa-siap menanggung biayanya.

Apakah dengan kartu chip dana anda dijamin aman?

Saya yakin tidak😥 Kali ini, penjahat 3 langkah lebih maju. Pembobolan kartu chip sudah sering dan berulangkali terjadi.

Lagi pula, dibelakang kartu chip PASTI masih ada kartu magnetik😥 demi menjaga kenyamanan nasabah saat berbelanja atau menarik uang di mesin ATM. Karena, tidak mungkin mengganti ratusan ribu mesin ATM dan EDC (elektronik data capture), alat gesek kartu di toko-toko, secara serentak. Untuk kartu ATM yang merangkap kartu kredit, nasabah juga akan kesulitan jika ingin menggunakan kartunya di luar negeri.

Bagaimana supaya tidak tertipu?

Kalau untuk meningkatkan keamanan internet banking, saya dan rekan-rekan di XecureIT masih bisa membuat dan membagikan XecureBrowser secara cuma-cuma bagi nasabah. Namun, saya dan rekan-rekan tidak bisa berbuat apa-apa untuk meningkatkan keamanan ATM.

Mohon maaf, (seperti papan di SPBU) tips keamanan mengenai ATM habis. Sayapun bisa tertipu😥

Jika anda peduli dengan keamanan uang anda, silahkan bergabung di Gerakan Amankan Uang Kita di Bank.

Salam,

Gildas Deograt Lumy

sumber tulisan disini

Nah, setelah membaca tulisan di atas semoga akan menambah pengetahuan dan meningkatkat kewaspadaan untuk pengguna ATM dimanapun kita berada.😀

 

 

 

 

 


About this entry